TikTok Tambah Durasi Maksimal Menjadi 10 Menit

TikTok sekali lagi meningkatkan durasi maksimum video yang dapat diunggah pengguna ke platform — lebih dari tiga kali lipat, menjadi 10 menit.

 

TikTok, aplikasi yang dimiliki oleh konglomerat internet China, ByteDance, mulai bergerak untuk memberikan kebebasan lebih luas kepada para pembuat konten. Hal ini ditujukan karena pesaing mereka, seperti YouTube, Facebook, dan Instagram, telah secara aktif ikut membangun fitur video pendek yang menjadi ciri khas TikTok.

Pengembangan TikTok memungkinkan para pengguna dapat mengunggah video hingga 10 menit, dari durasi sebelumnya yang hanya 3 menit pada Juli 2021. Sebelumnya, TikTok memang telah menguji pengembangan tersebut selama bertahun-tahun. Setelah baru-baru ini berhasil memperkenalkan video tiga menit, akhirnya durasi 10 menit dianggap sebagai peningkatan besar dan akan diluncurkan secara global.

Salah satu alasan TikTok menjadi sangat popular, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, adalah karena TikTok menyediakan umpan video pendek menghibur yang dibuat secara otomatis dengan durasi kurang dari satu menit, yang disesuaikan secara algoritme dengan minat pengguna.

Tidak jelas berapa banyak pengguna TikTok yang akan memanfaatkan video berdurasi lebih panjang ini, tetapi perubahan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan ingin memfasilitasi cara agar para TikToker tetap setia menggunakan aplikasi tersebut, dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dalam pernyataannya, perwakilan TikTok berkata bahwa aplikasi tersebut akan selalu memikirkan cara baru untuk memberikan nilai bagi para komunitas dan memperluas impresi TikTok sendiri. Dengan bertambahnya durasi, TikTok juga berharap akan lebih membuka inspirasi-inspirasi kreatif bagi para pembuar konten di seluruh dunia. Panjang video yang diperluas juga diharapkan memberi pembuat konten memiliki lebih banyak waktu dan fleksibilitas saat merekam hal-hal seperti memasak, tutorial kecantikan, konten pendidikan, sketsa komedi, dan banyak lagi.

Pengumuman tersebut jelas menjadikan TikTok sebagai pesaing YouTube, yang berhasil menarik pendapatan iklan 28,8 miliar dolar AS pada tahun 2021. Hal ini telah terlihat jelas sebelumnya dengan dikeluarkannya ragam YouTube Shorts di aplikasi tersebut yang merupakan salah satu ciri khas TikTok. Sayangnya, masih ada fitur-fitur lain di TikTok yang menjadi keunggulan para pengguna, termasuk kumpulan efek khusus, alat AR, dan katalog musik. Fitur populer lainnya seperti Duet, yang memungkinkan pembuat konten berkolaborasi dengan pengguna lainnya.

Saat ini, TikTok siap untuk merambah lebih jauh di wilayah utama YouTube, setelah format YouTube Shorts yang terakhir mendapatkan daya tarik terhadap para penggunanya sejak debut pada September 2020.

Exit mobile version