Serial ‘Squid Game’ yang disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk mencapai peringkat pertama pada layanan streaming di 94 negara.
‘Squid Game’ merupakan drama Korea genre dystopia dari Netflix yang paling populer. Dari data terakhir yang dibagikan, tercatat bahwa serial ini berhasil memperoleh 111 juta penonton sejak dirilis secara perdana pada 17 September lalu. ‘Squid Game’ pun menjadi produksi pertama Netflix yang berhasil melampaui 100 juta penonton.
‘Squid Game’ berkisah tentang 456 peserta dari latar belakang ekonomi serba kekurangan yang mengikuti permainan anak. Persyaratan yang berlaku, mereka harus tetap hidup sampai permainan berakhir untuk mendapatkan total hadiah senilai 45,6 miliar won.
Sekarang, ‘Squid Game’ juga berhasil menduduki peringkat pertama serial terpopuler Netflix di lebih dari 80 negara.
Prestasi itu menunjukkan bahwa ‘Squid Game’ berhasil mengalahkan ‘Bridgerton’ yang mencapai jumlah penonton sebanyak 82 juta saat awal rilis. Tidak hanya itu, nyatanya, kesuksesan ‘Squid Game’ memperkuat pengaruh Korea Selatan terhadap dunia.
Netflix juga menyediakan ‘Squid Game’ dalam versi dubbing dan dilengkapi dengan subtitle dari berbagai bahasa agar penonton daru seluruh dunia dapat menyaksikan serial ini dan memahaminya dalam bahasa masing-masing.
Sebelumnya pada bulan Febuari, platform streaming paling populer di dunia ini mengumumkan rencana menghabiskan 500 juta dolar Amerika Serikat untuk serial dan film yang diproduksi oleh Korea Selatan.
Dikutip dari Soompi, Wakil Presiden Konten (APAC ex-India) Netflix, Kim Min Young mengatakan, Netflix sengaja berinvestasi di Korea sejak tahun 2015 untuk menyajikan sebuah konten berkelas dunia.
“‘Squid Game’ mengubah mimpi kami menjadi kenyataan,” kata Kim Min Young.
Ide cerita ‘Squid Game’ telah dipikirkan sejak lama oleh sutradara Hwang Dong Hyuk. Meskipun sempat tidak dimungkinkan untuk tayang, Netflix percaya, ada sesuatu yang spesial dari serial ini.
“Netflix percaya bahwa pesona ‘Squid Game’ pasti dapat mengguncang hati para penggemar di Korea maupun di seluruh dunia,” ucap Kim Min Young.
Karena banyaknya penonton yang menyukai serial ini, para pemeran ‘Squid Game’ mendapat banyak tawaran wawancara dari salah satunya di acara televisi asal Amerika, “The Tonight Show Starring Jimmy Fallon”.
Bukan hanya itu, popularitas ‘Squid Game’ juga membuat pengikut akun Instagram para pemainnya bertambah secara pesat, seperti HoYeon Jung yang saat ini memperoleh 19.6 juta pengikut, Wi Ha Joon 8.1 juta, Jung Jae-lee 3.5 juta, dan Park Hae-soo 2.1 juta.