“Usaha saya 3 bulan terakhir ini macet dan saya mengalami kejadian-kejadian aneh,” – Sekar (Menjelang Ajal, 2024)
Minggu ini kita kedatangan film horor terbaru dari Rapi Film yang berjudul Menjelang Ajal yang disutradarai Hadrah Daeng Ratu. Dengan tema pesugihan yang kental, Menjelang Ajal akan melihat perspektif dari sisi yang berbeda.
Buat kita yang sering mendengar atau melihat adanya tempat makan yang selalu ramai tapi rasa makanannya biasa saja, atau kebalikannya, tempatnya sepi tapi tiba-tiba ramai dan kalau dibawa pulang, makanannya tidak enak lagi.
Seperti itulah fenomena yang coba diangkat film ini. Seperti apakah filmnya? Cineverse akan mengulasnya di bawah ini.
Sinopsis
Sekar (Shareefa Daanish), seorang ibu berusaha menghidupi tiga anaknya yang beranjak dewasa, dengan mempunyai usaha warung makan. Namun, akhir-akhir ini ia galau karena makanan yang dijualnya selalu basi setelah dihidangkan.
Sekar lantas pergi menemui Mak Ambar (Dewi Pakis), dukun yang memasang penglaris di warungnya. Namun, ia terkejut mendapati kalau Mak Ambar telah meninggal dunia dengan muka yang sangat mengenaskan.
Sejak itu, jin yang selama ini menolong Sekar, menuntut nyawa hingga Sekar kerasukan tiap malam. Ketiga anaknya, yaitu Dani (Daffa Wardhana), Ratna (Caitlin Halderman), dan Dodi (Shakeel Fauzi Aisy), berusaha untuk mengobati ibunya, tapi usaha mereka malah mengancam nyawa mereka sekeluarga.
Narasinya menarik walau ada plot hole di dalamnya
Menit pertama film ini berjalan, kita akan melihat Sekar sedang menemui Mak Ambar untuk memberinya penglaris. Namun, sayangnya kita tak diberi gambaran yang cukup untuk memperlihatkan besarnya pengaruh penglaris itu.
Kita tak bisa melihat suasana ramai warung makan itu saat penglaris dipasang, dan adegan langsung menuju ke momen saat warung itu mulai sepi dan makanan Sekar mulai basi. Amat disayangkan, kalau momen yang sebenarnya sudah bagus ini tidak digambarkan dalam film.
Belum lagi adegan menjelang konklusi di mana sang ustadz yang tiba-tiba muncul, terasa amat dibuat-buat dan pengikut ustadz yang baru muncul setelah semua selesai. Penutup yang terasa tidak natural ini ditambah penggambaran soal penglaris mungkin sedikit memperlemah film ini.
Chemistry-nya terjalin baik antara ibu dan anak
Melihat jam terbang Shareefa Daanish di genre ini, tidak usah dipertanyakan lagi kualitasnya. Aktingnya luar biasa, termasuk saat ia kerasukan dan membuatnya harus melakukan kayang. Adegan klimaks yang membuatnya sedikit bekerja keras menjelang konklusi.
Yang teramat baik adalah chemistry ketiga anaknya yang diperankan Caitlin Halderman, Daffa Wardhana, Shakeel Fauzi Aisy. Ketiganya mampu memperlihatkan kedekatan yang substansial sebagai kakak adik, begitupun saat ibunya kerasukan jin pun, ketiganya dengan setia mendampingi ibunya.
Screen time yang relatif seimbang di antara ketiga anak ini membuat film ini terasa hidup dan bernuansa kekeluargaan. Namun, karakter yang diperankan Michael Olindo terasa mengganggu dan tidak perlu ada, karena tidak berdampak apapun kepada jalannya cerita.
Efek dan make-up yang terlihat detil
Baru kali ini elemen yang satu ini terlihat berbeda dari banyak film sejenis. Ada perbedaan gradasi yang diterapkan di sini. Terlihat jelas saat Sekar pertama kali kerasukan hingga benar-benar kerasukan.
Perbedaan ini diaplikasikan secara bertahap yang disesuaikan dengan adegannya. Hasilnya? Luar biasa detil. Nampak, make-up ini begitu mempengaruhi tampilan Sekar, bahkan di tahap terakhir, kita bahkan tak mengenali wajahnya lagi.
Salut untuk sektor yang satu ini, dan Rapi Films dari dahulu selalu serius soal teknis terutama untuk bagian efek dan make-up di tiap film yang diproduksinya.
Kesimpulan
Sesuai judulnya, Menjelang Ajal akan memperlihatkan proses bagaimana seseorang yang terkena pengaruh buruk saat dukun yang selama ini menjaganya tiba-tiba meninggal dunia.
Tanpa ada penangkal yang cukup kuat, jin tersebut akhirnya berpindah dan menyerang Sekar dan orang di sekelilingnya. Eksekusi Hadrah tak usah diragukan lagi, hanya saja naskahnya masih menyimpan beberapa kelemahan yang semestinya bisa diperbaiki dari awal.
Walaupun tidak krusial, kita masih bisa melihat sejumlah jumpscares menakutkan dan transisi Sekar dengan wujudnya yang berubah menjelang akhir hayatnya. Selain itu kita bisa melihat bagaimana kekuatan sebuah keluarga dalam menghadapi masalah pelik ini.
Tonton segera Menjelang Ajal di bioskop terdekat di kota kamu.
Director: Hadrah Daeng Ratu
Cast: Shareefa Daanish, Caitlin Halderman, Daffa Wardhana, Shakeel Fauzi Aisy, Ruth Marini, dan Michael Olindo
Duration: 96 Minutes
Score: 7.2/10
The Review
Menjelang Ajal
Menjelang Ajal mengisahkan Sekar dan anak-anaknya yang diserang jin penglaris warung makannya saat sesajen tak diberikan