Netflix Jadi Peringkat Terakhir dalam Tingkat Kepuasan Pelanggan

Menurut survey, Netflix berada di posisi terakhir dalam tingkat kepuasan pelanggan, namun masih menjadi layanan pertama yang harus dimiliki.

 

Bukan hal yang aneh lagi jika semua orang memiliki aplikasi layanan streaming Netflix dalam genggaman. Cukup murah dan produktif dalam memberikan beragam konten, rasanya publik tidak bisa ketinggalan zaman tanpa aplikasi tersebut.

Meski masih cukup banyak pelanggan setia Netflix, nyatanya hal tersebut berbanding terbalik dengan tingkat kepuasan yang diperoleh oleh masyarakat.

Melalui sebuah studi baru dari firma riset Whip Media, Netflix mendapatkan dua kabar sekaligus.

Sebelumnya, Studi Whip Media sendiri telah mengamati 2.460 pengguna aplikasi TV Time di AS yang berusia 18-54 selama satu minggu di awal musim semi ini.

© Whip Media 2022 Streaming Satisfaction Report

Survei tersebut menanyakan kepada konsumen layanan mana yang akan mereka pilih jika mereka hanya dapat mempertahankan satu langganan. Adapun aplikasi yang menjadi pilihan, ialah Netflix, Disney+, HBO Max, Apple TV+, Hulu, Peacock, Paramount+, Amazon Prime Video dan Discovery+.

Dalam laporannya, Netflix berhasil mempertahankan dominasi pasarnya dan tetap menjadi layanan yang paling diperlukan di antara platform lainnya. Sebanyak lebih dari 31% pengguna di AS mencatat bahwa mereka akan tetap berlangganan Netflix jika hanya diizinkan mempunyai satu layanan streaming.

© Whip Media 2022 Streaming Satisfaction Report

Posisi kedua ditempati oleh HBO Max, dengan 19% mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya yang akan mereka pertahankan.

Meskipun ini bisa menunjukkan indikasi bahwa pelanggan Netflix adalah yang paling puas dengan konten mereka, studi Whip Media menunjukkan hal yang berbeda.

Bahkan ketika Netflix memegang posisi teratas dalam survei Whip Media tahun 2022 sebagai satu-satunya layanan yang harus dimiliki, nilai kepuasan para pelanggan justru berada di level terendah.

© Whip Media 2022 Streaming Satisfaction Report

Di antara sembilan layanan berlangganan yang dilacak, HBO Max menempati peringkat tertinggi dalam tingkat kepuasan, sementara Disney+ berada di peringkat kedua. Netflix, tentu jatuh terpuruk di posisi ke-9.

Meski HBO Max menjadi salah satu layanan yang paling mahal di pasar, nyatanya beragam konten memuaskan para pelanggan.

Awal tahun ini, Netflix memang menaikkan harganya. Paket dasarnya sekarang berharga 15,49 dolar AS per bulan (sekitar Rp221 ribu), sementara paket streaming UltraHD-nya dapat berharga lebih dari 19,99 dolar AS atau setara dengan Rp286 ribu per bulan.

Exit mobile version