Milestone apa saja yang akan diungkapkan oleh Thierry Fremaux dalam Festival Film Cannes tahun 2022?
Dengan hanya seminggu sebelum Cannes Official Selection diluncurkan, direktur festival Thierry Fremaux beristirahat untuk menonton film dan memberi tahu Variety tentang persiapan untuk edisi Milestone tahun ini.
Dilansir dari Variety, festival telah mengkonfirmasi pemutaran perdana global ‘Top Gun: Maverick’ dan ‘Elvis,’ sedikit dari banyak judul telah bocor sejauh ini juga nama presiden juri, namun untuk film pembukaan belum diungkapkan.
Selain membahas potensi kehadiran pembuat film Rusia dan protokol COVID, Fremaux mengatakan jajaran tahun ini diharapkan akan melihat karya sutradara film wanita yang lebih dominan dari negara-negara yang kurang terwakili.
Fremaux juga mengungkapkan rencana khusus untuk perayaan Cannes ke-75 pada 24 Mei dan kemitraan dengan TikTok dan Brut yang mungkin akan berdampak pada festival di masa mendatang.
Bersama dengan ‘Top Gun: Maverick’ dan ‘Elvis,’ foto-foto profil tinggi lainnya yang dikabarkan sedang dalam proses termasuk ‘Three Thousand Years of Longing’ oleh George Miller dan ‘Broker’ milik Hirokazu Kore-eda.
Seperti apa rutinitas Anda hari ini? Berapa banyak film yang masih harus Anda tonton?
Rutinitas saya adalah: Menonton film, menonton film dan menonton film. Ini adalah salah satu momen terbesar tahun ini. Kami berbicara dengan produsen, agen penjualan dan distributor. Masih banyak yang harus kita tonton karena beberapa film datang sangat terlambat, terutama yang dari penulis terkenal di dunia, yang telah kita tunggu-tunggu. Tetapi semuanya sudah aman untuk pengumuman seleksi resmi pada 14 April.
Saya mendengar banyak film telah dikirimkan dalam 10 hari terakhir. Kompetisi tahun lalu sangat besar. Apakah Anda pikir Anda sedang menuju ke lineup 2022 dengan sama besarnya?
Pada awal Maret, kami pikir kami akan mendapatkan lebih sedikit film karena pandemi, dan tiba-tiba semuanya menjadi lebih cepat. Mulai hari ini, kami pikir kami akan melampaui jumlah film yang biasanya dikirimkan.
Tanpa ragu, kami akan menerima lebih dari 2.000 film layar lebar. Dan karena teknologi digital memungkinkan pembuat film bekerja hingga menit terakhir, banyak film baru saja diselesaikan.
Sejauh kompetisi, kita mungkin masih akan berakhir dengan lineup sekitar 20 film. Saya tidak bisa mengatakan lebih banyak untuk saat ini.
Bagaimana Anda menggambarkan pemilihan pada saat ini? Apakah Anda melihat jejak pandemi di film-film yang dikirimkan?
Pandemi sama sekali tidak menjadi topik dalam film. Seperti dalam hidup kita, itu ada di beberapa film tetapi tanpa menjadi inti dari cerita yang diceritakan. Selama beberapa tahun, film telah mencerminkan kesehatan artistik yang dinamis dan Cannes adalah saksinya, seperti dengan ‘Drive My Car’ oleh Ryūsuke Hamaguchi.
Sebelum pandemi, 2019 adalah tahun yang hebat yang mempertemukan para penulis dan master yang baru muncul. Dan itu menyebabkan jumlah teater yang besar. Tahukah Anda, kejayaan ‘Parasite’ juga merupakan kejayaan negara besar bagi industri perfilman Korea Selatan.
Kemunculan Im Kwon-taek, Park Chan-wook dan Hong Sang-soo di awal tahun 2000-an — yang menjadi sorotan Cannes — memberi Bong Joon-ho lahan subur untuk bangkit. 2021 adalah tahun hebat lainnya. Kekhawatirannya bukan tentang kreativitas.
Apa yang Anda khawatirkan saat ini?
Kami tidak keluar dari krisis dua tahun dalam beberapa minggu. Jadi mari kita tunggu sebelum panik … tapi semuanya berubah. Saat ini, cara kita menonton film telah berkembang pesat dan itu memengaruhi budaya film kita.
Di banyak negara, penerimaan teatrikal turun karena penonton tinggal di rumah. Bioskop menghilang. Prancis, yang menjadi negara istimewa dalam hal bioskop, juga mengalami penurunan penerimaan.
Tapi saya tetap optimis: Cannes akan menempatkan sinema di hati semua orang dan, mulai Juni, dengan ‘Top Gun: Maverick’ dan ‘Elvis,’ kita akan melihat film-film Amerika yang hebat diputar di layar.
Bagian baru diluncurkan tahun lalu, misalnya Cannes Premiere dan Bioskop untuk Climate Strands. Akankah inisiatif ini dipertahankan pada tahun 2022?
Sangat. Untuk edisi pertamanya pada tahun 2021, Cannes Premiere membanggakan nama-nama besar: Oliver Stone, Arnaud Deplechin, Hong Sang-soo, Andrea Arnold, dan lainnya. Sebuah festival memiliki banyak lapisan dan dimensi yang berbeda.
Cannes bukan hanya tentang kompetisi, dan kita harus menemukan harta terpendam. Kita harus bisa menayangkan film-film dari penulis terkenal meskipun mereka tidak membuat film dengan mempertimbangkan kompetisi. Cannes Premiere diciptakan dalam semangat ini dan ternyata hal itu sukses.
Bagaimana dengan Sinema untuk Climate Strand?
Pada tahun 2021, kami ingin mempelopori kebangkitan dengan mendedikasikan bagian mini untuk pertanyaan lingkungan dan mengumumkan langkah-langkah untuk menyesuaikan festival dengan masalah kontemporer. Tahun ini, tidak akan ada bagian khusus tetapi beberapa inisiatif akan diselenggarakan.
Un Certain Regard tahun lalu difokuskan pada pembuat film yang lebih muda — apakah itu akan terjadi pada tahun 2022?
Ya, tahun lalu kami memfokuskan Un Certain Regard pada sineas muda. Ini adalah misi utama rangkaian ini. Akan ada lebih sedikit film pada tahun 2022. Setidaknya, itulah harapan saya.
Kutukan programmer adalah bulimia! Namun obsesi penyelenggara adalah berhemat. Pada tahun 2021, kami melakukan upaya sadar untuk mengundang lebih banyak film. Krisis menuntutnya: Kami harus terbuka, bermurah hati. Tahun ini, kami akan kembali ke ukuran normal.
Kita sudah tahu bahwa beberapa film AS yang sangat dinanti, termasuk ‘Top Gun: Maverick,’ akan tayang perdana di festival tersebut. Seberapa menonjol studio AS dalam jajaran tahun ini?
Studio selalu hadir di Cannes dan saya membaca — di Variety — artikel bagus yang mengatakan bahwa Cannes adalah festival paling bergengsi di Oscar. Dan itu benar!
Karena kami merayakan edisi ke-75, kami akan mengatakan lagi bahwa pada tahun 1939 seperti pada tahun 1946, Cannes hampir didirikan bersama oleh Prancis dan AS. Kehadiran studio pertama tentang persahabatan dan kesetiaan juga tentang kolaborasi yang berkelanjutan.
Tim studio luar biasa bersama kami. Saya suka bepergian ke Los Angeles. Pada 2019, itu adalah Sony-Columbia dan Universal, kemudian Warner Bros. dan Paramount pada tahun ini. Pemutaran film ‘Top Gun: Maverick’ akan menjadi acara yang luar biasa dengan kehadiran Tom Cruise.
Cannes ingin merayakan pria perfilman ini, yang memikat pembuat film terbesar, seperti Christopher McQuarrie atau Joseph Kosinski. Tom Cruise telah menunjukkan konsistensi dalam beberapa tahun terakhir ini dalam hal kualitas, yang menakjubkan.
Bagaimana dengan film independen AS? Akankah mereka juga terwakili dengan baik tahun ini?
Saya harap begitu. Kami sekarang memiliki kebiasaan bekerja sama dengan A24, Neon, dan FilmNation, antara lain di AS, yang mendorong [visi] dalam perfilman yang digerakkan oleh auteur, sangat kultural dan sangat politis.
Apakah Anda bersedia mengundang pembuat film Rusia ke kompetisi?
Kami telah mengeluarkan pernyataan yang dengan jelas menyatakan, sebagai prioritas, dukungan kami kepada Ukraina dan rakyatnya, dan penolakan kami untuk menyambut kehadiran resmi Rusia yang mungkin terkait sampai batas tertentu dengan kejahatan yang dilakukan melalui perang agresi dan invasi ini.
Sampai sekarang, kami belum melihat film Rusia yang kemungkinan akan diputar di Seleksi Resmi. Tapi, sementara kita tidak melupakan orang-orang Ukraina yang menderita di bawah bom Rusia, kita juga harus ingat bahwa para seniman berusaha membuat suara mereka didengar di Moskow dan mereka melakukannya dengan keberanian besar. Ini adalah subjek yang sangat halus.
Bagaimana menurut Anda kedatangan Iris Knobloch sebagai presiden baru akan berdampak pada Festival Film Cannes yang dimulai pada 2023?
Iris Knobloch akan memulai mandatnya pada 1 Juli. Kedatangannya jelas akan berdampak pada festival, seperti yang dilakukan Pierre Lescure delapan tahun lalu. Kami sangat senang menyambutnya di tim kami, dia akan membawa sesuatu yang berbeda.
Dia tidak sabar dan kami juga! Kami akan menghadapi masa depan bersamanya, dan caranya menjadi rendah hati dan dinamis.
Saya telah membaca bahwa Iris dapat merevisi aturan Cannes, yang membuat film dari streamer tidak dapat bersaing kecuali mereka memiliki rilis teater Prancis. Bisakah pita kembali dalam kompetisi di Cannes di bawah kepresidenannya?
Kami belum membahas ini. Selama rapat dewan terakhir, Pierre Lescure mengangkat diskusi ini tentang memiliki film dengan layanan streaming yang diputar dalam kompetisi dan saya berterima kasih kepadanya karena saya menyukai perubahan ini.
Tetapi dewan mengatakan, di bawah pengaruh peserta pameran, itu tidak disukai. Kami menghormati keputusan ini. Tapi kita harus berhati-hati karena revolusi [layar] ada di sini dan di sini untuk tinggal.
Edisi tahun ini akan menandai peringatan 75 tahun Festival Film Cannes. Apa artinya festival itu?
Setiap tahun, festival ini merupakan perayaan kolektif sinema bagi dunia, industri, dan seniman. Dan setiap lima tahun, ada edisi tonggak sejarah, seperti halnya ulang tahun. Secara pribadi, saya tidak pernah merayakan ulang tahun saya.
Tapi 75 edisi Festival Film Cannes, itu tonggak sejarah besar! Dan peringatan ini akan terungkap dalam keadaan tertentu: pandemi, perang di Ukraina, dan dunia yang telah berubah dan akan berubah lagi. Ini akan menjadi perayaan yang indah bagi kreativitas dan seniman, bagi industri dan masyarakat luas yang telah sangat menderita.
Ada juga keinginan untuk membantu sinema kontemporer. Saya baru saja membaca [sebuah artikel] oleh jurnalis Jean-Michel Frodon yang akan diterbitkan pada bulan Mei: Ini meninjau kembali 40 tahun festival, tren, gerakan, dan auteurs. Melihat masa lalu juga memberi kita kesempatan untuk melihat masa depan.
Pada tahun 2022, tidak hanya merayakan festival itu sendiri, tetapi juga tentang mempersiapkan masa depan festival sehingga dapat mengejar misinya.
Bagaimana rencana Anda untuk merayakan edisi penting ini setelah krisis panjang yang baru saja kita alami?
Yang penting bioskop hari ini dan besok, dan bioskop di bioskop. Seleksi Resmi akan mencerminkan apa yang tidak akan pernah berubah: Seni sinema. Kami akan memiliki debut fitur, film dari negara-negara yang jarang diwakili dan kehadiran sutradara wanita yang lebih kuat.
Tujuan internasional Cannes sangat penting. Kami akan mengadakan perayaan pada 24 Mei. Banyak tamu akan hadir di sana. Makan malam besar, pesta besar, di tempat yang tidak biasa. Juga akan ada simposium, dan kami akan mengundang banyak pembuat film untuk memikirkan masa depan.
Pertanyaannya hari ini, apa artinya menjadi sineas di tahun 2022? Dua puluh tahun yang lalu, jawabannya mudah: Mengarahkan film dalam ukuran 35 mm untuk bioskop. Tapi hari ini, apa artinya bercerita dengan gambar bergerak, membuat film, menyapa penonton?
Bagaimana cara memproduksi dan mendistribusikannya? Ini akan menawan. Pada tahun 1992, Wim Wenders menjelajahi tema-tema ini dengan kameranya dan membawakan film berdurasi menengah berjudul “Room 666.”
Dia mengajukan pertanyaan sederhana: “Bagaimana masa depan sinema?” Seorang pembuat film muda bertanya kepada kami apakah kami dapat mengikuti perangkat yang sama dan kami akan mencoba membantunya dengan upaya ini.
Dengan mitra baru seperti Brut dan TikTok, tampaknya festival ini juga ingin menarik penonton muda dan menjadi acara yang lebih mudah diakses oleh audiens yang lebih besar. Mengapa Anda ingin mengubah posisi Anda dan bagaimana Anda bisa tetap setia pada DNA Anda?
DNA Cannes adalah menyesuaikan diri. Mitra yang kami lampirkan tahun ini mengikuti perkembangan media. Ini adalah langkah alami. Kemitraan dengan France Televisions juga akan memungkinkan festival ini terlihat secara luas di negara kita. Ini adalah penyiar publik yang ikut memproduksi banyak film dan juga mendukung bioskop melalui acara yang diselenggarakannya.
Brut, sementara itu, adalah perusahaan media baru dengan kesuksesan yang tak tertandingi dan condong ke audiens yang lebih muda. Sejauh TikTok, kami membicarakannya untuk sementara waktu dan kami senang memiliki kemitraan ini untuk tahun 2022 karena sesuai dengan dunia saat ini. Ini bukan tentang membuat festival menjadi “lebih muda”, ini tentang menyambut orang-orang muda sambil merawat orang-orang yang lebih tua dari “kita”.
Kami telah memperkenalkan banyak inisiatif di sepanjang jalur itu selama bertahun-tahun, misalnya Palme d’or untuk film pendek, kompetisi sekolah film, Pojok Film Pendek di Marché du Film, dan program residen di Paris, serta sebagai program 3 Hari di Cannes.
Festival ini akan menjadi edisi terakhir bagi Pierre Lescure dan Jerome Paillard, yang telah menjalankan Marché du Film selama beberapa dekade! Perubahan besar di depan…
Ya. Ini juga akan menjadi edisi terakhir Georges Goldenstern di Cinéfondation, yang struktur dan misinya akan berkembang. Saya ingin memberi penghormatan kepada Jerome Paillard dan Georges Goldenstern, yang merupakan dua profesional yang luar biasa — peran mereka sangat besar, kami akan sangat merindukan mereka.
Dan itu juga akan menjadi Festival Film Cannes terakhir dari Pierre Lescure sebagai presiden. Kami juga ingin merayakannya! Tapi kita akan membicarakannya lain kali.
Dengan jumlah kasus COVID yang kembali meningkat, protokol kesehatan seperti apa yang akan Anda terapkan?
Mari kita ingat bahwa pada tahun 2021, Festival Film Cannes menerapkan semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan para peserta: Faktanya, kurang dari 100 kasus COVID terdeteksi.
Palais des Festivals adalah referensi dalam hal keselamatan kesehatan dan Cannes City Hall telah diurus. Pada Mei, protokol akan disesuaikan untuk edisi 2022 dan akan mengikuti rekomendasi otoritas sehingga seperti tahun lalu, perayaan dapat dipenuhi sepenuhnya.
Apa yang paling Anda banggakan dari Cannes?
Menemukan auteurs baru kepada siapa kami setia dan yang tahu bahwa Cannes adalah rumah mereka, tetapi juga memiliki ambisi internasional untuk memberi hormat kepada sinema dari mana pun asalnya.
Saya terbiasa mengatakan bahwa Cannes bukan festival Prancis tetapi festival di Prancis tempat dunia berkumpul selama dua minggu. Pemutaran film oleh Ryusuke Hamaguchi muda atau Joachim Trier muda, yang memenangkan hadiah di Cannes dan kemudian memiliki karir internasional yang luar biasa, merupakan sumber kepuasan yang besar.
Terpilih dalam kompetisi ‘Distance’ oleh Hirokazu Kore-eda dan kemudian melihatnya memenangkan Palme d’Or adalah hal lain. Serta tetap setia kepada Nanni Moretti, Ken Loach, Pedro Almodovar atau Baz Luhrmann. Tapi kami tidak sendirian: Ada banyak festival di seluruh dunia yang melakukan pekerjaan luar biasa dalam hal kurasi.