Event fashion terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, resmi dibuka hari ini, Selasa (22/10), di Senayan City, Jakarta. Sebagai barometer fashion terkini di Indonesia, acara ini sempat mengalami perubahan jadwal, yang tadinya akan dimulai pada 19 Oktober, namun diganti terkait inaugurasi pelantikan Presiden RI.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, JFW 2020 dibuka dengan parade sejumlah karya desainer yang terlibat. “Di JFW ke-12 ini, total akan ada sekitar 250 desainer dan label lokal dan mancanegara,” kata Svida Alisjahbana, selaku Chairman JFW, jelang acara pembukaan.
Turut hadir di pembukaan JFW 2020, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta.
JFW 2020 akan berlangsung selama sepekan sampai Senin (28/10). Desainer yang akan memamerkan koleksinya cukup beragam, tak cuma pemain lama seperti Oscar Lawalata, Barli Asmara, Andreas Odang, Cotton Ink dan Ria Miranda. Nama-nama baru datang dari para finalis Lomba Perancang Mode (LPM) yang telah digelar sejak 40 tahun lalu. Total akan ada 2.800 pakaian yang dipamerkan.
Tahun ini, JFW meniadakan program Indonesia Fashion Forward yang fokus menginkubasi para desainer lokal potensial agar siap masuk ke pasar global. “Walau begitu, kami tetap punya Fashion Link sebagai wadah B-to-B antara desainer dan buyers. Secara tidak langsung program tersebut mengasah kemampuan para desainer untuk berbisnis,” ungkap Svida.
JFW kali ini sedikit berbeda, karena ini merupakan tahun pertama JFW setelah lepas dari Femina Group. JFW sekarang digelar oleh Global Creative Media yang juga menaungi majalah Dewi dan Pesona (media pecahan Femina Group).
Perubahan itu ditunjukkan dengan kehadiran logo baru JFW dengan font yang diklaim lebih clean dan bold. Tak ada ‘F’ pada kata ‘Fashion’ yang mirip dengan logo majalah Femina.
Di samping itu, JFW 2020 bakal menyoroti geliat mode pakaian pria dengan menghadirkan ikon JFW model yang sekarang jatuh ke tangan model Axel Jan Thierry Leijen.
Turut hadir dalam acara pembukaan Jakarta Fashion Week 2020 sejumlah mitra dan partner seperti Monica Rudiono, Chief Marketing Lazada Indonesia; Stephani Lie, Senior Brand Manager Paragon Technology and Innovation; Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainability of L’Oreal Indonesia; Elsa Maharani, PR Manager Wardah; Erwin Suganda, Creative Director UBS Gold; Aliya Amitra, Co-Founder & COO Tinkerlust, dan lain – lain.
“Bila biasanya model perempuan terus, tahun ini kami juga menghadirkan model pria sebagai JFW Icons 2020. Alasannya karena kami melihat potensi market pakaian pria yang sangat besar sekali,” kata Direktur JFW Lenni Tedja saat jumpa pers Agustus lalu.