Pemasaran yang berbeda dalam merilis Eternals membuat kritikus menilai film ini akan mencetak skor terendah dibandingkan serial film MCU lainnya.
Tepat di tanggal 12 Januari lalu, film ‘Eternals’ rilis di layanan streaming Disney+. Pemutaran film ini menjadi pemutaran perdana terbesar dalam lingkup film MCU di Disney+.
Cara pemasaran yang sama sekali berbeda dengan film MCU lainnya membuat Marvel Studios bertaruh banyak dalam memperkenalkan serangkaian karakter ‘Eternals’. Bahkan film ini dinilai akan menuai peringkat terendah di Rotten Tomatoes.
Meskipun ‘Eternals’ memiliki pembukaan terendah dalam akhir pekan dari film MCU Fase 4 yang dirilis tahun 2021 kemarin dan berada di posisi paling bawah terkait pendapatan kotor domestik, film ini masih mampu meraih film dengan pendapatan kotor tertinggi keenam di box office domestik 2021 dengan menghasilkan $164 juta.
Film ini melampaui ‘Black Widow’ dan ‘Shang-Chi’ di box office seluruh dunia dengan menghasilkan $401,9 juta.
Karena banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah tim superhero baru dari Marvel akan mampu menarik perhatian publik? Apakah box office yang lebih rendah hanya karena pandemi? Atau sebenarnya penonton tidak tertarik karena ulasan negatif?
Meraih pencapaian sebagai film Marvel dengan pemutaran perdana terbesar untuk film MCU di Disney+, penonton diperkirakan telah menunggu penayangan ‘Eternals’ sejak awal.
Berdasarkan data yang diperoleh SambaTV, ‘Eternals’ telah ditonton oleh 2 juta rumah tangga dalam lima hari pertama sejak dirilis. Luiz Fernando menyatakan bahwa film tersebut telah memecahkan rekor debut film MCU terbesar di Disney+. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh ‘Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings’.
Namun baik Marvel Studios maupun Disney+ belum melaporkan angka resmi penayangan ‘Eternals’ atau ‘Shang-Chi’ di Disney+.
Sebagai perbandingan, ‘Eternals’ mencetak skor yang lebih rendah dalam lima hari pertama di Disney+ dibandingkan dengan ‘The Suicide Squad’ dan ‘The Matrix: Resurrections’ di HBO Max.
Namun, film-film tersebut dirilis harian dan bioskop, sehingga menarik perhatian publik. Sedangkan ‘Eternals’ menduduki puncak akhir pekan pembukaan kedua film tersebut digabungkan.
Dibandingkan dengan Disney+ Premier Access seperti ‘Cruella’ dan ‘Mulan’ yang masing-masing ditayangkan oleh 686.000 dan 1,2 juta rumah tangga di lima hari pertama, ‘Eternals’ memiliki lebih banyak penonton daripada keduanya.
Sehingga dapat dikatakan bahwa film ini lebih sukses daripada rilis aslinya. Penayangan di platform streaming ini membuat penonton yang ketinggalan di bisokop memiliki kesempatan untuk menontonnya, juga mereka yang sudah pernah menonton dapat menonton ulang ‘Eternals’.
Belum ada rencana resmi terkait sekuel yang telah diumumkan, kemungkinan rencana tersebut akan segera diungkap oleh pihak Marvel.